Search

BMKG: Ikan Naik ke Pantai di Gorontalo Bukan Pertanda Gempa - detikNews

Jakarta - BMKG telah menerima informasi soal fenomena naiknya ikan ke pantai di Gorontalo beberapa waktu lalu. Fenomena tersebut dipastikan bukanlah pertanda gempa.

Informasi diterima BMKG, fenomena ikan naik ke pantai itu terjadi di kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1). Sejumlah pihak mengaitkan fenomena ikan-ikan yang mendadak berlompatan di pinggir pantai ini dengan pertanda gempa bumi.

"Pendapat tersebut tentu saja tidak benar. Fenomena kemunculan ikan jenis tertentu dan ikan yang melompat naik ke pantai memang kerap dikaitkan dengan pertanda gempa. Namun hasil kajian ilmiah sejauh ini belum menunjukkan adanya bukti yang kuat secara empiris yang menunjukkan adanya keterkaitan. Sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari precursor gempa bumi," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono kepada wartawan, Sabtu (11/1/2020).


Hasil kajian yang ada, kata Daryono, malah menunjukkan kemunculan ikan lebih terkait dengan musim. Karena dinamika populasi ikan ada kaitannya dengan musim, tidak tertutup kemungkinan kejadian seperti di Gorontalo ini terkait musim.

"Menurut teori oseanografi lainnya menyebutkan, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling. Upwelling adalah sebuah fenomena ketika air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan," ulas Daryono.

Dalam fenomena upwelling, dia menambahkan, biasanya kemunculan ikannya banyak, hingga ada segerombolan ikan sampai ke pantai. Selain itu, masih ada faktor lain yang memicu ikan muncul ke pantai, seperti mengikuti dinamika arus laut.

Simak video BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Jabar hingga Sumbar:

[Gambas:Video 20detik]

(tor/idh)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 11, 2020 at 12:20PM
https://ift.tt/35I5t4r

BMKG: Ikan Naik ke Pantai di Gorontalo Bukan Pertanda Gempa - detikNews
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BMKG: Ikan Naik ke Pantai di Gorontalo Bukan Pertanda Gempa - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.