Search

Ribuan Ton Ikan Asal Sumut Diekspor ke Malaysia - DNA Berita

Belawan – Diperkirakan ada ribuan ton ikan asal Sumut diekspor ke Malaysia melalui Pelabuhan Belawan.

Kegiatan ekspor komoditas hasil laut, seperti ikan melalui Pelabuhan Lama Belawan, Medan cukup menggembirakan, terutama ke Lumut, Malaysia. Berdasarkan data yang wartawan dari Asmen Hukum dan Humas Pelindo 1 Cabang Belawan, Mufthi Rahman, Senin (20/01/2020), sepanjang tahun 2019 tercatat ekspor ikan laut lewat Pelabuhan Lama Belawan mencapai 6.307 ton.

“Selama kurun waktu 2019, tercatat 6.307 ton ekspor jenis hasil laut, seperti ikan tenggiri, bawal dan udang melalui Pelabuhan Lama Belawan,” kata Mufthi Rahman.
Asmen yang akrab disapa Alung mengungkapkan, pengiriman ekspor ikan masih menggunakan kapal tongkang. “Meski pelayaran sudah modern dan pengirimannya menggunakan peti kemas pendingin, namun untuk ekspor ikan lewat Pelabuhan Lama Belawan, masih dikemas dalam fiber dan memakai kapal tradisional jenis tongkang,” ujarnya.
Dikatakannya, ikan yang diekspor lewat Pelabuhan Lama Belawan, berasal dari Pangkalanbrandan, Langkat, Pantai Cermin, Deli Serdang dan Gabion Belawan, Kota Medan. “Ekspor Ikan dari Pelabuhan Lama Belawan dalam seminggu berlangsung hingga tiga kali, dan sekali angkut sekitar 350 fiber,” sebut Alung.
Meski tak menggunakan alat pendingin, namun ikan tetap terlihat segar, karena jarak tempuhnya menuju pelabuhan Lumut, Malaysia tidak lama dan Ikan dikemas dalam fiber sudah memakai es.(Gus/Blw).

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 20, 2020 at 01:58PM
https://ift.tt/30MTfqx

Ribuan Ton Ikan Asal Sumut Diekspor ke Malaysia - DNA Berita
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan Ton Ikan Asal Sumut Diekspor ke Malaysia - DNA Berita"

Post a Comment

Powered by Blogger.