Search

Penjualan Benih Ikan Hias Cimahi Ditarget Rp60,2 Juta - Inilahkoran

INILAH, Bandung - Capaian pendapatan asli daerah (PAD) dari budidaya ikan hias yang dikelola Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) Kota Cimahi pada 2019 bisa melebihi target. 

Berdasarkan hal itu, Plt Kepala UPT BBIAT Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Mochamad Taufik mengatakan untuk tahun ini menaikkan target retribusi penjualan benih ikan menjadi Rp60,2 juta.

Menurutnya, bidikan sasaran itu relatif sesuai dengan potensi pasar. Pihaknya juga sudah menyiapkan benih ikan hias baru pada tahun ini sebagai variatif penjualan.

"Tepatnya, pada 2020 ini BBIAT Cimahi akan menaikkan target retribusi penjualan benih ikan sebesar Rp60.175.500," kata Taufik saat ditemui di BBIAT Kota Cimahi, Kamis (30/1/2020).

Dia mengatakan, budiadaya ikan hias akan menjadi prioritas utama untuk dikembangkan. Namun, akan disesuaikan dengan kondisi alam dan pasar yang terbarukan. Seperti duboisi, cupang dan guppy.

"Jadi lebih fokus ke ikan hias dulu. Ikan konsumsi sekarang ada nila sama lele," ujarnya.

Untuk merealiasasikannya, berbagai potensi budidaya ikan hias itu rencanakan akan dimasukan ke dalam revisi Perda (Perda) Kota Cimahi Nomor 3/2017 tentang Retribusi Jasa Usaha. Termasuk harga yang rencananya akan ada perubahan. Dengan rencana perubahan Perda nanti, diharapkan PAD dari budidaya ikan bisa meningkat.

"Itu yang masuk Perda yang direvisi. Ada komiditi baru maka harus dimasukan ke perubahan Perda baru terutama ikan hias termasuk harga. Harapannya secepatnya beres," tandasnya. 

Taufik menuturkan, pada 2019 kemarin pihaknya mampu melampaui target. 

"Alhamdulillah melebihi target. Target awal retribusi Rp40.100.000 tercapai Rp42,5 juta," ucapnya.

Dia menjelaskan, PAD dari sektor benih ikan ini hasil dari penjualan ikan konsumsi dan ikan berdasar Perda Kota Cimahi Nomor 3/2017 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan mulai direalisasikan pada 2018.

Menurutnya, dalam perda tersebut tercantum kisaran patokan harga jual untuk ikan konsumsi dan ikan hias. Seperti ikan lele harga terendahnya Rp50 per ekor untuk ukuran larva, sedangkan harga tertinggi adalah ukuran 9-12 cm yang dipatok Rp400 per ekor. Kemudian, benih ikan nila yang dijual sesuai ukuran.

Harga terendah benih lele ukuran larva ialah Rp25 per ekor. Sedangkan harga tertinggi Rp200 per ekor untuk ukuran 9-12 cm. Untuk ikan mas, harga terendah adalah Rp50 per ekor untuk ukuran larva. Sedangkan, harga tertinggi Rp250 per ekor untuk ukuran 9-12 cm. Ikan hias frontosa dijual Rp150 ribu per ekor dan Mas Koki Ranchu yang dijual Rp150 ribu per ekor. (Ahmad Sayuti)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 30, 2020 at 06:20PM
https://ift.tt/2t92QLF

Penjualan Benih Ikan Hias Cimahi Ditarget Rp60,2 Juta - Inilahkoran
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penjualan Benih Ikan Hias Cimahi Ditarget Rp60,2 Juta - Inilahkoran"

Post a Comment

Powered by Blogger.