Search

Potensi Ikan Kolam di Siombak Marelan Patut Dikembangkan - DNA Berita

Marelan – Keberadaan Danau Siombak yang berada di Kelurahan Payapasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatra Utara, kini ramai dikunjungi masyarakat.

Danau Siombak yang terkenal dengan ikan nilanya yang gurih ini banyak didatangi kaum milenial.

“Potensi ikan nila dari Danau Siombak, rasanya gurih, tidak berbau lumpur karena dasar dari kolam yang ada di sekitar Danai Siombak rata berpasir,” ungkap pengelola Danau Siombak, Erlianto kepada wartawan Minggu (26/1/2020).

Kondisi sekitar danau yang semakin asri dan ditata oleh tangan-tangan kreatif oleh pegiat hutan mangrove, Wibi Nugraha, serta gurihnya ikan nila, mengundang perhatian tokoh masyarakat Sumatra Utara, Tengku H Erry Nuradi berkunjung dan menyempatkan ikut serta memanen ikan nila.
“Kami sudah panen ikan nila sejak sepekan lalu, dan sekarang sudah mencapai 10 ton ikan nila yang diangkat dari kawasan Danau Siombak, ungkap Erlianto didampingi Wibi Nugraha.
Dikatakan Wibi, digelarnya panen ikan nila bersama mantan Gubernur Sumut ini, nantinya pengunjung yang ada dari sejumlah daerah maupun mancanegara diharapkan berdatangan ke Danau Siombak.
“Kegiatan ini akan rutin kami laksanakan tiga bulan sekali mengundang tokoh-tokoh yang ada di Sumut untuk bersama sama memanen ikan di Danau Siombak,” ucap peraih juara Nasional I Kader Sumber Daya Alam tersebut.
Tengku H Erry Nuradi saat memanenan ikan nila yang ada di kolam didampingi Wibi Nugroho dan Erlianto, juga berkeliling Danau Siombak dan melihat sekolah pecinta mangrove yang didirikan oleh Wibi Nugraha yang diberi nama ‘Medan Mangrove Education School’, dilanjutkan dengan makan bersama di pinggir kolam dengan sajian menu ikan nakar nila khas Danau Siombak.
Tengku Erry Nuradi mengatakan, Danau Siombak pada tahun 1980 adalah lahan bekas proyek galian yang tanahnya diambil untuk penimbunan Tol Belmera yang kemudian menjadi destinasi wisata di Kota Medan.
Ia ini mengimbau pengelola agar lebih memperhatikan sampah-sampah yang ada di kawasan wisata Danau Siombak. “Saya yakin ke depan wisatawan lokal ini mampu maupun mendatangkan wisatawan mancanegara dan menjadi destinasi yang ramai dikunjungi, ujarnya.(Gus/Mrl).

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 26, 2020 at 12:18PM
https://ift.tt/2Rszjpz

Potensi Ikan Kolam di Siombak Marelan Patut Dikembangkan - DNA Berita
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Potensi Ikan Kolam di Siombak Marelan Patut Dikembangkan - DNA Berita"

Post a Comment

Powered by Blogger.