Search

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing! - IDNTimes.com

Kalau kamu membayangkan hal-hal apa saja yang biasanya dilakukan oleh ikan, apa yang ada di benakmu? Mungkin kamu hanya akan berpikir soal berenang ke sana kemari, mencari makan, melindungi diri dari pemangsa, kawin, dan bertelur. Sepertinya kelakuan ikan memang hanya itu-itu saja kan?

Ternyata tidak lho. Ikan bukanlah makhluk membosankan yang kerjanya hanya itu-itu saja. Beberapa jenis ikan punya kelakuan tak biasa yang akan membuatmu heran sekaligus kagum. Inilah tujuh kelakuan di antaranya.

1. Memanah

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing!awesomeocean.com

Ikan bisa memanah? Yap, tapi tentu tidak menggunakan busur dan panah seperti manusia. Ikan sumpit atau dalam bahasa inggris disebut archerfish berburu dengan cara yang tidak biasa. Ikan ini adalah pemakan serangga, dan mereka berburu dengan cara 'memanah' serangga dengan air dari mulutnya.

Laman San Diego Zoo menyebut bahwa ikan dari genus Toxotes ini menyemprotkan air pada serangga yang berada di dekat permukaan air. Serangga tersebut pun akan jatuh ke air dan si ikan tinggal memakannya. Elegan sekaligus cerdas ya!

2. Berpura-pura mati

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing!biolib.cz

Bukan cuma archerfish yang punya cara mencari makan yang cerdik. Ikan cichlid dari spesies Parachromis friedrichsthalii yang hidup di Amerika Tengah punya cara sendiri yang gak kalah jenius, meski ada risikonya juga. Untuk memancing korbannya, ikan ini akan menggeletakkan diri di dasar sungai berpura-pura mati.

Ikan-ikan kecil yang tertipu akan datang mendekat, tanpa tahu bahwa si ikan cichlid hanya berpura-pura. Setelah mangsanya cukup dekat, si ikan cichlid pun langsung menyambar dan menangkapnya. Namun teknik ini ada efek negatifnya pula. Terkadang sirip ikan cichlid terluka akibat digigit oleh ikan kecil yang mengiranya sebagai makanan.

3. Memanjat pohon

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing!freepik.com

Enggak, kamu gak salah baca. Beberapa ikan tampaknya memang bosan terus-terusan di air hingga sesekali mereka ingin keluar dan bahkan memanjat pohon. Ikan tembakul atau dalam bahasa inggris disebut mudskipper adalah salah satunya.

Ikan tembakul hidup di perairan yang kerap mengering saat musim kemarau. Tapi itu bukan masalah baginya karena mereka punya keistimewaan yaitu bisa berjalan di darat menggunakan sirip depannya yang berfungsi seperti kaki, bahkan mereka juga bisa memanjat pohon! Kamu bisa melihat aksi mereka dalam video di atas.

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Perbedaan Ikan Air Tawar dan Ikan Air Laut Ini?

4. Memanjat tebing

https://www.youtube.com/embed/xb6UZU4R7yc

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Tapi bahkan memanjat pohon pun sudah terlalu mainstream bagi beberapa ikan, sehingga mereka mencoba tantangan yang lebih hebat lagi: memanjat tebing! Ikan gobi pemanjat tebing Nopoli (Sicyopterus stimpsoni) yang hidup di Hawaii adalah salah satu atlet panjat tebing non-manusia paling luar biasa.

Laman Live Science menyebut bahwa ikan ini mampu memanjat bebatuan terjal dengan bantuan mulutnya yang sanggup mengisap dengan kuat. Dan bukan sekadar tebing biasa, tapi tebing air terjun! Sambil melawan gravitasi dan semburan air terjun yang deras, ikan ini memanjat bebatuan terjal dan licin ke puncak air terjun, kadang hingga setinggi 100 meter!

Kalau jarak 100 meter gak terdengar begitu menakjubkan buatmu, ingat bahwa ikan ini hanya memiliki ukuran maksimal 18 cm. Maka jika diibaratkan manusia, jarak yang mereka tempuh itu sama dengan lebih dari 1 km, plus mereka menempuhnya secara vertikal dan harus melawan aliran air terjun. Luar biasa kan?

5. Bersenandung

https://www.youtube.com/embed/vSmEsuhEDK0

Apakah ikan bisa bersuara? Jika yang dibahas adalah ikan plainfin midshipman (Porichthys notatus), maka jawabannya adalah ya. Laman Live Science menyebut bahwa pada musim panas, para pejantan dari ikan ini menarik perhatian betina dengan cara yang tak biasa: bersenandung. Kamu bisa mendengar suaranya dalam video di atas.

Senandung yang mereka keluarkan bahkan cukup keras sampai para pemilik perahu mengeluhkan bahwa mereka gak bisa tidur dan sulit berkomunikasi karena terganggu suara tersebut. Dan gak hanya bersenandung, ikan jantan juga bisa mengeluarkan suara geraman untuk melindungi sarang mereka dari gangguan pejantan lain.

6. Memalsukan orgasme

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing!bbc.com

Ternyata gak hanya manusia yang bisa memalsukan orgasme, hewan pun juga. Ikan trout kawin dengan pembuahan eksternal. Pada saat kawin, trout jantan dan betina orgasme alias melepaskan sperma dan sel telur secara bersamaan. Namun terkadang, trout betina tampak seperti mengalami orgasme tapi tidak melepaskan sel telur.

Kenapa? Rupaya si betina memang sengaja memalsukan orgasme supaya ia bisa menarik perhatian jantan lain yang berukuran lebih besar. Trout betina memang umumnya memilih pasangan yang besar supaya bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas. Ada-ada aja ya!

7. Bermain

https://www.youtube.com/embed/4Hs2osCvfAY

Para ilmuwan mendefinisikan bermain sebagai tindakan yang dilakukan berulang-ulang secara sukarela dalam keadaan santai atau saat kadar stres rendah. Bermain adalah tindakan yang cukup rumit, maka hanya makhluk yang cukup cerdas yang mampu melakukannya, seperti misalnya mamalia.

Apakah ikan termasuk? Menurut studi para ilmuwan, ya. Laman Science Daily menyebut bahwa beberapa spesies ikan cichlid kerap memainkan objek berupa termometer akuarium. Perilaku itu ternyata tidak dipengaruhi oleh ada atau tidaknya makanan serta kehadiran ikan lain. Maka jelas, tindakan ikan cichlid itu bisa dikategorikan sebagai bermain.

Itulah tujuh kelakuan ikan yang paling unik. Kamu pasti kagum kan bahwa ternyata ikan bisa melakukan hal-hal itu! Kalau menurutmu, tingkah laku mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: 8 Hewan yang Mampu Melayang, Termasuk Ular dan Ikan Lho

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 10, 2020 at 11:25AM
https://ift.tt/2xn4DhX

7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing! - IDNTimes.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Kelakuan Unik Ikan, Mulai dari Bersenandung Sampai Panjat Tebing! - IDNTimes.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.