Search

Ini Fakta Ikan Gabus yang Mampu Membentuk Otot - Portal Makassar

PARA peneliti kesehatan menemukan beragam manfaat dari mengonsumsi ikan gabus. Mulai dari kandungannya yang mampu mempercepat penyembuhan luka, sampai pada zatnya yang memiliki kemampuan memperbaiki gizi buruk pada anak-anak.

width="970"

Tetapi ada satu manfaat dari ikan gabus yang lebih mencengangkan. Ikan gabus mampu membentuk otot.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan bahwa pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia.

Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Ikan gabus atau channa striata dikenal memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%. Berikut manfaat ikan gabus yang mengejutkan untuk Anda.

Lantas bagaimana ikan gabus bisa membentuk otot? Berikut analisisnya.

Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

Kandungan protein yang tinggi ini membantu proses pembentukan otot pada tubuh Anda. Sehingga otot-otot pada tubuh akan lebih cepat terbentuk, tanpa harus olahraga berat.

Selain itu, beberapa manfaat dari ikan gabus.

1. Membantu penyembuhan luka

Telah dijelaskan tadi bahwa ikan gabus mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin ini adalah protein yang sangat baik dan memiliki kemampuan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Itulah sebabnya ikan gabus biasanya banyak dikonsumsi orang pascaoperasi. Selain itu, penyembuhan luka akan lebih menyeluruh karena cara kerja albumin yang menakjubkan.

2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh Anda berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

3. Memperbaiki gizi balita dan ibu hamil

Ikan gabus sangat baik dikonsumsi anak-anak untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh mereka. Zat pada ikan gabus juga menjaga keseimbangan gizi pada balita dan bayi serta ibu hamil.

Dalam 100 gr ikan gabus mampu mencukupi kebutuhan gizi bayi. Ikan gabus tidak memiliki kader tertentu yang bisa disebut berkelebihan pada anak. Ikan gabus memiliki keseimbangan otomatis dan mampu memecah dalam tubuh.

4. Sehat untuk pencernaan
Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

width="500"

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 14, 2020 at 08:43AM
https://ift.tt/2TMUR1u

Ini Fakta Ikan Gabus yang Mampu Membentuk Otot - Portal Makassar
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Fakta Ikan Gabus yang Mampu Membentuk Otot - Portal Makassar"

Post a Comment

Powered by Blogger.