Search

Uji Kualitas Air, Satgas Citarum Harum Tabur Ikan di Sungai Cikacembang - galamedianews.com

SEKTOR 4 Satuan Tugas (Satgas)  Citarum Harum bersama warga menabur ikan di aliran Sungai Cikacembang yang membatasi Desa Padamulya dan Desa Sukamukti Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Sabtu (14/3/2020). Ini merupakan bagian daru uji coba kualitas air Sungai Cikacembang.

Ikan yang ditabur sebanyak 10 kg itu dari mulai jenis ikan mas, nila, koi dan jenis ikan lainnya.

"Nabur ikan ini dalam rangka uji kualitas air yang mengalir di Sungai Cikacembang tersebut," kata Komandan Kompi (Danki)
Sektor 4 Satgas Citarum Harum, Letda Arh Dwi Iswantoro kepada galamedianews.com.

Menurutnya, di saat ikan ditabur dan mampu bertahan hidup, artinya kualitas air cukup bagus. Sebaliknya, jika ikan yang ditabur itu mati menunjukkan kualitas air masih tercemar limbah cair.

Setelah dilakukan penanaman ikan di sungai itu, kata Dwi, Satgas Citarum Harum akan membuat akuarium yang diisi ikan dan airnya berasal dari aliran sungai tersebut.

"Dengan adanya akuarium yang diisi ikan itu masyarakat bisa melihat langsung kondisi aliran Sungai Cikacembang melalaui kualitas air yang ada di akuarium yang dipasang di sekitar jembatan sungai tersebut," kata Dwi.  

Ia berharap dalam melakukan ujicoba kualitas air melalui akuarium yang diisi ikan dan air dari sungai itu dapat menumbuhkan kemandirian masyarakat.

"Masyarakat secara mandiri ikut tergugah agar tidak membuang sampah ke sungai. Masyarakat juga diharapkan sadar ketika melihat aliran Sungai Cikacembang yang ditanami banyak ikan, tidak membuang sampah ke sungai. Ini dalam upaya merubah mindset masyarakat secara paksa pada kondisi alam yang ada," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 14, 2020 at 03:55PM
https://ift.tt/3aSvP6K

Uji Kualitas Air, Satgas Citarum Harum Tabur Ikan di Sungai Cikacembang - galamedianews.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uji Kualitas Air, Satgas Citarum Harum Tabur Ikan di Sungai Cikacembang - galamedianews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.