Search

Budidaya Ikan Dewa, Bisnis Langka yang Menggiurkan - Cendana News

BANYUMAS – Ikan dewa mulai banyak dikenal masyarakat Banyumas sejak ada usaha budidaya ikan langka tersebut di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Budidaya yang sulit, khasiatnya serta mitos cerita seputar ikan dewa, membuat harga ikan ini sangat tinggi, yaitu Rp 1 juta per kilogram.

Pengelola Resto Ikan Desa, Muhammad Kurniawan, mengatakan, ikan dewa merupakan ikan spesial, bahkan di beberapa daerah jenis ikan ini dikeramatkan. Karena diyakini membawa aura positif dan ikan ini juga merupakan makanan keluarga kerajaan pada zamannya.

Pengelola Resto Ikan Desa, Muhammad Kurniawan, Selasa (17/3/2020) di Cilongok. Foto: Hermiana E. Effendi

“Gambar ikan ini juga terpampang pada relief Candi Borobudur, jadi banyak yang meyakini ikan yang sudah ada sejak zaman purba ini merupakan ikan spesial,” tuturnya, Selasa (17/3/2020).

Awal mula menekuni bisnis ikan dewa ini, Iwang, panggilan Muhammad Kurniawan bercerita, tahun 2008 ia diberi bibit ikan dewa sebanyak 150 ekor oleh orang Tionghoa.

Orang tersebut berpesan, agar indukan yang diberikan tersebut dibudidayakan. Dan Iwang menepati janjinya, sampai saat ini ia melakukan budidaya ikan dewa, sekaligus membuka restoran ikan dewa.

“Saya tidak pernah beli bibit ikan, ribuan ikan yang ada di kolam ini, semua merupakan hasil budidaya sejak tahun 2008, indukan ikan yang diberikan oleh warga keturunan tersebut,” katanya.

Namun, menekuni budidaya jenis ikan ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Iwang mengaku sampai 6 tahun, baru menemukan formula yang cocok untuk budidaya ikan tersebut.

“Perlu sentuhan dan ketulusan dalam budidaya ikan ini, kita beberapa kali mengajari budidaya ikan dewa di tempat lain. Waktu masih dipegang oleh orang-orang saya, ikan tersebut bisa berkembangbiak dengan baik, tetapi begitu kita tinggal, satu per satu mati,” kata Iwang.

Terkait harga ikan yang fantastis ini, Iwang bertutur, selain mempunyai nilai sejarah, ikan ini juga mengandung albumen dan omega 3 yang tinggi. Sehingga khasiatnya, antara lain bisa untuk recovery sel-sel tubuh.

“Untuk khasiatnya banyak yang membuktikan, salah satunya teman saya yang divonis harus cuci darah setiap minggu. Setelah rutin mengkonsumsi ikan ini, bisa bertahan hidup sampai 8 tahun lebih, karena khasiat yang terkandung dalam ikan ini, mampu me-recovery sel tubuh dengan cepat,” terangnya.

Ikan dewa biasanya dimasak dengan cara dipepes, dipecak atau dibuat sop. Sebab tekstur ikan ini banyak mengandung duri, sehingga jika digoreng kurang nikmat dimakan. Harga satu kilogram ikan dewa baik yang sudah dimasak ataupun yang mentah Rp 1 juta. Dan rata-rata satu ekor ikan, beratnya antara 3-4 kilogram. Namun, restoran ikan dewa ini juga menyediakan masakan yang disajikan per ons, sehingga harganya masih terjangkau.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein, yang sempat berkunjung dan beberapa kali menikmati menu ikan dewa mengatakan, ikan tersebut memang spesial dan sangat nikmat jika dipepes.

“Khasiatnya memang bagus karena banyak mengandung omega 3, kalau ada tamu spesial, seperti Pak Gubernur misalnya, kita hidangkan ikan dewa,” tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 17, 2020 at 01:20PM
https://ift.tt/39W94yT

Budidaya Ikan Dewa, Bisnis Langka yang Menggiurkan - Cendana News
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Budidaya Ikan Dewa, Bisnis Langka yang Menggiurkan - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.