Search

Budidaya Ikan Nila, Sanusi Minta DKP Lakukan Studi Banding - Mitra Today News

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Bupati Malang HM.Sanusi meminta kepada Plt.Kepala dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Victor Sembiring untuk melakukan studi banding ke Bogor. Permintaan ini dilakukan Sanusi berkaitan dengan rencana Pemkab Malang yang bakal mengembangkan budidaya tambak ikan jenis Nila di Kabupaten Malang khususnya di Kabupaten Malang.

“Saya minta Kadis DKP untuk melakukan studi banding ke Parung Bogor bersama kelompok tani tambak, untuk belajar teknik budidaya tambak ikan khususnya ikan Nila, pakai aja Bis Pemkab Malang, nanti tak biayai,”ujar Sanusi saat melaunching Wajak Minapolitan kamis (5/3/2020).

Sanusi menilai budidaya ikan Nila sangat menguntungkan dari sisi ekonomi. Karena dengan biaya operasional murah namun menghasilkan pundi-pundi rupiah cukup besar.

“Saya ditahun 2005 dulu sempat berkunjung ke Parung Bogor tepatnya ke Ponpes Parung yang diasuh Habib Segaf. Disana santrinya mencapai 12 ribu dan semuanya digratiskan oleh pengasuhnya, lantas saya tanya dari mana biayanya, Habib Segaf menjawab untuk menghidupi Pondok dirinya membudidaya ikan Nila bekerjasama dengan salah satu negara sahabat. Waktu itu dalam setahun hasil panen ikan Nila tersebut mencapai Rp 500 juta. Beberapa waktu lalu Pak Victor bersama lima orang pejabat Pemkab kesana dan katanya sekarang pendapatan budidaya ikan Nila disana mampu mencapai Rp.1,2 miliar,”beber Sanusi.

Sanusi membeberkan, hasil studi banding dengan mengajak kelompok tani budidaya ikan tersebut bisa direplikasikan untuk mengembangkan budidaya ikan seperti di Wajak ini.

“Nanti coba kita bangun tambaknya, pak Camat Wajak sanggup menyediakan lahannya nanti kita coba kembangkan budidaya ikan Nila di wajak dan ini peluang besar bagi masyarakat untuk mengembangkan disini,”tukas Sanusi.

Kawasan Wajak Minapolitan yang digagas dan dikembangkan mulai tahun 2012 yang lalu, lanjut Sanusi pantas disematkan di kecamatan Wajak, lantaran Wajak dinilai memiliki potensi khususnya sumber air, hawa yang sejuk dan tanah pertanian yang subur serta peternakan khususnya sapi yang bagus sehingga sangat cocok untuk dikembangkan menjadi kawasan Minapolitan.

“Kita yakin kedepan Wajak akan menjadi salah satu wilayah yang berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat,”tutup Sanusi.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 05, 2020 at 08:36PM
https://ift.tt/2IlTsbD

Budidaya Ikan Nila, Sanusi Minta DKP Lakukan Studi Banding - Mitra Today News
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Budidaya Ikan Nila, Sanusi Minta DKP Lakukan Studi Banding - Mitra Today News"

Post a Comment

Powered by Blogger.