Search

Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan, Sederhana dan Cocok Disantap Saat Hujan - merdeka.com

Merdeka.com - Siomay merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Siomay ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji dengan campuran berbagai bumbu rempah yang menghasilkan rasa gurih. Biasanya siomay disajikan dengan sambal kacang yang kental juga ditambahkan kecap manis di atasnya.

Banyak masyarakat Indonesia yang mengenal makanan kenyal dan gurih ini sebagai makanan khas Bandung. Padahal sebenarnya, jenis makanan ini berasal Mongolia, yang merupakan makanan dimsum khas China. Tidak berbeda jauh, makanan ini dikenal dengan sebutan shaomai oleh masyarakat China. Biasanya masyarakat China menyajikan makanan ini dengan saus asam manis atau saus sambal.

Kemudian, makanan ini masuk ke Indonesia dan diadaptasi dengan gaya yang berbeda oleh masyarakat Indonesia, khususnya oleh para pedagang yang ada di Kota Bandung. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa siomay disebut sebagai makanan khas Bandung.

Saat ini siomay masih banyak ditemui di Indonesia, mulai dari dijual di gerobak dorong pinggir jalan hingga warung makan khusus yang menyajikan siomay sebagai menu utama. Bukan hanya siomay ikan, sekarang sudah banyak inovasi yang diterapkan untuk mengembangkan variasi makanan ini. Biasanya variasi ditambahkan melalui isi yang terdapat di dalamnya. Ada yang menggunakan isi daging, ayam, telur hingga abon.

Di samping siomay dengan campuran ikan yang banyak dijual di pasaran, bagaimana dengan siomay yang dibuat tanpa campuran ikan. Ini menjadi suatu hal yang menarik dan di luar kebiasaan, tapi patut untuk dicoba. Berikut cara membuat siomay tanpa ikan yang sederhana dan gurih yang cocok disantap di kala hujan.

1 dari 3 halaman

Bahan Membuat Bumbu Siomay Tanpa Ikan

Sebelum memulai cara membuat siomay tanpa ikan, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • Kulit pangsit siap pakai (jumlahnya bisa disesuaikan keinginan)
  • daging ayam fillet tanpa tulang
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang
  • 80 gram tepung kanji atau tepung sagu
  • Merica halus sesuai selera (kurang lebih seujung sendok kecil)
  • 1 sendok kecil minyak wijen
  • Garam dapur secukupnya sesuai selera (1 sendok kecil kurang)
  • Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya (0.25 sendok kecil.)
  • Daun bawang yang sudah dicuci dan diiris secukupnya sesuai selera
  • Wortel segar ukuran sedang.
  • Kupas kulitnya kemudian serut serut kecil.
  • 50 ml air
  • Gula pasir secukupnya (0.25 sendok kecil)

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan

Setelah selesai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat siomay tanpa ikan, ikuti langkah-langkah cara membuat siomay berikut ini:

  1. Masukkan daging ayam bersama dengan telur ayam, air dan bawang putihnya ke dalam food processor atau blender kecil. Giling ketiga bahan tadi sampai halus.
  2. Keluarkan dan masukkan ayam ke dalam wadah adonan bersama dengan minyak wijen, garam dapur, kaldu bubuk, gula, daun bawang dan merica kemudian aduk menjadi satu.
  3. Tuang tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata. Proses mengaduknya bisa menggunakan sendok sayur, sendok makan atau sendok kayu.
  4. Ambil kulit pangsit kemudian lebarkan. Ambil adonan resep siomay ayam secukupnya kemudian letakkan di tengah. Taburi dengan sedikit parutan wortel kemudian lipat kembali dengan rapi.
  5. Masukkan siomay ke dalam panci kukusan. Masak sampai matang atau kurang lebih selama 30 menit. Kalau masih ada sisa adonan, bisa dibentuk bulat kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air yang mendidih.
  6. Setelah siomay mengapung bisa langsung diangkat. Siomay tanpa ikan buatan sendiri siap dinikmati.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay Tanpa Ikan

  1. Siapkan wajan, tuang minyak secukupnya dan jangan terlalu banyak. Lalu goreng kacang tanah, kemiri, bawang putih, bawang merah dan cabai sampai matang. Tiriskan.
  2. Haluskan dan giling bahan sambal di atas sampai halus. Bisa digilingkan atau menggunakan blender. Jika menggunakan blender bisa diberi sedikit air.
  3. Siapkan wajan anti lengket atau teflon dan masukkan bahan gilingan tadi bersama dengan gula merah, daun jeruk, selai kacang, jeruk nipis, garam dapur dan bahan lain. Aduk aduk sampai tercampur rata dan kelihatan berminyak.
  4. Kalau sudah berminyak masukkan air secukupnya dan aduk sampai didapat kekentalan yang diinginkan.
  5. Bumbu kacang siap untuk disiram di atas siomay.

Cara membuat siomay sederhana ini bisa dibuat kapan saja dan sangat mudah dipraktikkan di rumah. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang khas sangat cocok disantap saat hujan. Selamat mencoba.

[ayi]

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 01, 2020 at 06:00PM
https://ift.tt/2I7bka3

Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan, Sederhana dan Cocok Disantap Saat Hujan - merdeka.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan, Sederhana dan Cocok Disantap Saat Hujan - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.