Search

Gurihnya Olahan Ikan Tilapia yangTinggi Protein - Investor Daily

JAKARTA, Investor.id – Bola-bola ikan digoreng matang kecoklatan. Ditabur bubuk keju, rasanya..maknyus.. gurih dan sedap. “Ini bola-bola ikan tilapia. Dibuat dari fillet ikan tilapia yang dihaluskan, lalu diberi bumbu, potongan halus wortel, dan tepung. Kemudian dibulat-bulatkan, digelindingkan di tepung roti, setelah itu digoreng matang,”jelas Chef Yadi ditemui Investor Daily di acara Kelas Memasak Ikan Tilapia yang digelar Regal Springs Indonesia dan AEON Mal, Banten, akhir pekan lalu.

Selain dibuat bola-bola ikan, ikan tilapia, kata Chef Yadi, juga lezat dimasak woku-woku. Rasa ikan tilapia yang gurih, tebal, dan lembut, pas sekali berpadu dengan sambal woku-woku yang pedas menggoda.

Ikan tilapia memang belum seterkenal ikan emas, mujair, atau patin. Namun, semakin hari, semakin banyak masyarakat yang mengenalnya.

“Karena itu kami secara rutin menggelar acara kelas memasak ini di berbagai daerah untuk memenuhi permintaan masyarakat untuk mendapatkan variasi olahan ikan yang mudah dan praktis berbahan dasar Naturally Better Tilapia,” terang Senior Marketing Manager Regal Springs Indonesia, Ratna Yudythia. Regal Springs Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi fillet ikan tila[ia bermerk Naturally Better Tilapia.

Kelas memasak kali ini diikuti 20-an peserta yang ikut berpartisipasi memasak singkat. "Kami ingin memberikan inspirasi tentang cara memasak Tilapia yang mudah dan praktis. Konsumen juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Chef Yadi, Inhouse Chef Regal Springs Indonesia mengenai tip dan trik memasak Naturally Better Tilapia untuk keluarga," ucapnya lagi.

Afwan, buyer seafoodPT.AEON Indonesia mengungkapkan, sejak masuk tahun 2018, permintaan ikan tilapia terus meningkat. “Mungkin karena rasanya lebih enak, gak ada rasa tanah seperti ikan patin, jadi lebih disukai. Teksturnya juga lebih crunchy,” ungkap Afwan.

Tilapia merupakan satu keluarga dengan ikan nila, salah satu jenis ikan air tawar. Regal Springs Indonesia menjadi produsen ikan Tilapia terbesar di dunia dengan merek produknya: Naturally Better Tilapia. Merek tersebut diluncurkan Juli 2019 lalu. Ikan tilapia ini dibudidayakan di Danau Toba, Sumatera Utara.

External Affairs Senior Manager Regal Springs Indonesia Kasan Mulyono menerangkan Regal Springs Indonesia sudah melakukan kajian terhadap ikan-ikan tawar hingga akhirnya dipilih Tilapia sebagai produknya pada tahun 1988. 

Kasan menambahkan dari proses budidaya sampai pengolahan, semua dilakukan secara alami. Tidak ada penggunaan zat-zat kimia, obat antibiotik, dan sejenisnya.

"Jadi, kita tidak menggunakan antibiotik, hormon, dan lain-lain. Selain itu, dalam pengolahan juga kita tidak menggunakan bahan-bahan pengawet,"ucap Kasan.

Kelebihan ikan Tilapia, dagingnya lebih lembut, tidak bau tanah, dan kandungan gizinya tinggi tetapi rendah lemak. Kaya vitamin D, protein, dan juga omega. 'Kandungan proteinnya mampu memenuhi 34% kebutuhan harian tubuh manusia. Sedangkan biasanya ikan air tawar hanya memenuhi 20-25% kebutuhan protein per hari,” tambah Ratna.

Dari sisi harga, menurut Kasan, produk Tilapia ini sangat kompetitif. "Misalnya dari Salmon ya, produk kita lebih murah, dari sisi rasa bisa dibandingkan dengan Salmon. Bahkan dibandingkan dengan produk ikan-ikan air tawar lainnya, produk kita lebih baguslah," tutur Kasan.

Targetkan 2 Juta Pak

Pada 2020 Regal Springs Indonesia menargetkan penjualan dalam negeri produk daging ikan Naturally Better Tilapia sebanyak 2 juta pak, meningkat dari 700.000 pak pada 2019. Target ini akan dicapai melalui lebih 1.000 gerai pemasaran yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. 

Selain pemasaran di Indonesia, sebagian besar Naturally Better Tilapia diekspor ke Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Eropa. “Saat ini 80% penjualan masih diekspor. Tapi tahun berikutnya kami menargetkan penjualan dalam negeri akan terus meningkat,” tandas Ratna.

Sumber : Investor Daily

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 02, 2020 at 10:06PM
https://ift.tt/2TdpWLt

Gurihnya Olahan Ikan Tilapia yangTinggi Protein - Investor Daily
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gurihnya Olahan Ikan Tilapia yangTinggi Protein - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.