Search

Omset Perbulan Capai Jutaan, Warga Pamarican Ciamis Sukses Geluti Budidaya Ikan Gurame - Harapan Rakyat

Omset Perbulan Capai Jutaan, Warga Pamarican Ciamis Sukses Geluti Budidaya Gurame
Isof Sopiyudin, warga Dusun Muktisari, RT 001, RW 001, Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sukses menggeluti budidaya ikan gurame. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Berbekal pengetahuan secara otodidak, Isof Sopiyudin, warga Dusun Muktisari, RT 001, RW 001, Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ulet menggeluti budidaya ikan gurame. Hingga kini dirinya mampu mengembangkan bisnis tersebut dengan omset lumayan menggiurkan.

Saat ditemui di kediamannya, Isof mengatakan, awal mula dirinya menggeluti usaha budidaya ikan gurame lantaran tertarik oleh keberhasilan temannya yang menggeluti usaha perikanan.

“Awalnya saya belajar secara otodidak, dengan cara memijahkan ikan gurame milik tetangga. Lama-kelamaan saya tertarik untuk mengembangkannya. Dan hingga sekarang, alhamdulillah saya masih bergelut di bidang budidaya ikan gurame bahkan menjadi pekerjaan sehari-hari saya,” katanya.

Dari hasil budidaya ikan gurame ini, Isof mengaku banyak menerima penawaran bibit dari berbagai wilayah.

“Saya memijahkannya sendiri di dalam bak yang saya buat dengan beberapa sekatan. Mulai pemijahan l, penetasan hingga pembesaran. Untuk ukuran sebiji oyong, sudah laku kisaran 250 rupiah perekornya. Apalagi jika sudah semakin besar, harganya lumayan bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” katanya.

Untuk satu indukan, kata Isof, bisa membuahkan sebanyak 3500 butir telur dan berhasil ditetaskan hingga hingga besar mencapai 2500-3000 ekoran. Jika dirata-rata dari hasil penangkaran ini, Isof mampu menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya.

Selain membudidayakan ikan gurame, Isof juga sudah lama mengembangkan budidaya ikan Lele. Meski dalam hal ini, penghasilan budidaya lele masih di bawah hasil budidaya ikan gurame. (Suherman/Koran HR)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 05, 2020 at 06:28AM
https://ift.tt/2POhvnB

Omset Perbulan Capai Jutaan, Warga Pamarican Ciamis Sukses Geluti Budidaya Ikan Gurame - Harapan Rakyat
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Omset Perbulan Capai Jutaan, Warga Pamarican Ciamis Sukses Geluti Budidaya Ikan Gurame - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.