Search

Seluk Beluk Bisnis Budidaya Ikan Lele, Harga Stabil hingga Bibit Mudah Didapat - Okezone

JAKARTA - Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, selain olahan rasa menunya yang lezat, ikan lele juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Budidaya ikan lele telah lama di praktikkan karena kemudahan sekaligus keuntungannya yang menggiurkan. Dikutip dari Buku ‘Kiat Sukses Budi Daya Ikan Lele’ karya Endah Nur Fatimah dan Mada Sari, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memulai usaha ini.

Dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya, seperti patin, gurami, nila dan lain sebagainya, masa pemeliharaan lele jauh lebih tingkat. Dalam sekali panen, pemeliharaan ikan lele hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan, tergantung pada kepadatan penyebaran benih dan ukuran konsumsi.

Baca Juga: Ragu Memulai Bisnis? Simak Tips Ini

Kepadatan penyebaran benih dalam budi daya air tawar terdiri dari dua jenis, yakni penebaran padat dan penebaran rendah. Untuk penebaran padat pada budi daya lele, populasi benih yang ditebar berkisar 200-350 ekor/m3. Dengan sistem ini, diperlukan waktu 3 bulan sampai lele mencapai ukuran konsumsi. Sedangkan , populasi benih pada penebaran rendah berkisar antara 150-200/m3, dengan waktu 2 bulan sampai lele mencapai ukuran konsumsi.

Benih lele relatif mudah di dapatkan, ditengah maraknya usaha budi daya ikan lele. Hampir di seluruh Indonesia terdapat usaha pembibitan ikan lele. Dari segi harga juga sangat terjangkau, berkisar RP 150-300,00/ekor. Harga tersebut bergantung pada ukuran benih dan kualitas. Semakin besar ukuran benih biasanya semakin mahal harganya.

Baca Juga: Siasat Keluar dari Kebangkrutan Usaha, Jangan Panik!

Permintaan Pasar yang tinggi, tidak di imbangi angka produksinya. Permintaan pasar terhadap ikan lele, setiap tahunnya meningkat. Baik untuk permintaan lele segar, usaha olahan, maupun untuk usaha pemancingan ikan. Dengan permintaan pasar yang tinggi tersebut, tak pelak membuat harga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Bayangkan harga ikan lele berkisar Rp 12.500,00 hingga Rp 14.000,00 tiap kilogramnya dari tangan petani lele.

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 07, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/2wGoXdJ

Seluk Beluk Bisnis Budidaya Ikan Lele, Harga Stabil hingga Bibit Mudah Didapat - Okezone
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seluk Beluk Bisnis Budidaya Ikan Lele, Harga Stabil hingga Bibit Mudah Didapat - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.