Search

Maknai Hari Ikan, Dinas Perikanan Banjar Sukses Gelar Kegiatan ini - Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lomba Ikan Hias Cupang sekaligus Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) digelar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Banjar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Minggu (01/12/2019) pagi.

Kontes ikan hias tersebut disambut antusias warga pencinta ikan cupang.

Hal ini dibuktikan dengan ratusan peserta yang datang beramai-ramai dengan membawa ikan hias mereka.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kadis Perikanan Bankar Riza Dauly berinteraksi dengan pelajar pada acara memaknai Hari Ikan, Minggu (1/12) di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura.

Kadis Perikanan Bankar Riza Dauly berinteraksi dengan pelajar pada acara

memaknai Hari Ikan, Minggu (1/12) di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura.

(MC KOMINFO BANJAR UNTUK BPOST GROUP)

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Riza Dauly menuturkan perayaan Hari Ikan Nasional dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi.

Selain itu, perikanan memiliki potensi yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

“Di Kabupaten Banjar ini, capaian produksi perikanan tangkap sampai triwulan III sebesar 5.197 ton per 48,6 persen dari target 10.060 ton, perikanan budidaya 45.625 ton per 82,7 persen dari target 63.000 ton dan produksi olahan 84,6 persen dengan 26 Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) dari target 730 ton,” jelas Dauly.

Ia mengatakan Gerakan Gemarikan merupakan gerakan yang memotivasi masyarakat terutama anak-anak untuk mengkomsumsi ikan secara teratur agar terbentuk genereasi muda yang sehat, kuat, dan cerdas.

"Melalui Gemarikan ini diharapkan dapat memberi pengaruh pada peningkatan nafsu makan utamanya anak-anak untuk gemar komsumsi ikan, yang akan kaya gizi," ucapnya.

Mengenai lomba ikan hias Cupang, Riza Dauly mengatakan kontes ini merupakan ajang promosi dan mediasi bagi pemerintah, pencinta dan penggemar ikan hias, komunitas produsen, pedagang dan pelaku yang berkecimpung terhadap pengembangan dunia perikanan, khususnya ikan hias jenis Cupang.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian, Kepala Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Banjar Eddy Hasby, Tokoh Agama Kabupaten Banjar KH Muhammad Itqon, serta tamu undangan lainnya. (AOL)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
December 02, 2019 at 11:30AM
https://ift.tt/2sATXdi

Maknai Hari Ikan, Dinas Perikanan Banjar Sukses Gelar Kegiatan ini - Banjarmasin Post
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maknai Hari Ikan, Dinas Perikanan Banjar Sukses Gelar Kegiatan ini - Banjarmasin Post"

Post a Comment

Powered by Blogger.