Search

Mengagumkan Ilmuwan Ubah Suara Ikan Menjadi Lagu Natal - Suara.com

Suara.com - Para ilmuwan telah merekam suara yang dibuat ikan di SEA LIFE London Aquaium dan mencampurkannya dengan versi akuatik Jingle Bells di Abbey Road Studios, untuk mengubahnya menjadi lagu natal.

Dipimpin oleh Profesor Steve Simpson dari University of Exeter, ia dan timnya membuat rekaman menggunakan peralatan khusus yang dapat mendeteksi gelombang suara di bawah air.

Menggunakan hidropon bawah air, para ilmuwan merekam suara dari 300 ikan badut di akuarium. Suara-suara tersebut juga mencakup ketika ikan mendengkur.

"Ada banyak alasan mengapa ikan membuat kebisingan, salah satunya adalah untuk mempertahankan wilayah, peringatan terhadap predator, dan selama berkencan," ucap Profesor Steve Simpson, seperti dikutip dari laman IFL Science.

Tak hanya itu, para ilmuwan juga berhasil merekam suara ketika lobster air tawar "berargumen" dengan ikan lain saat memperebutkan makanan.

Suara klik dari kuda laut juga terekam ketika mereka mengeluarkan suara saat melahap makanan serta suara geraman yang terus-menerus terdengar dari triggerfish.

"Suara memiliki peran penting dalam kesehatan laut dan kami ingin tahu bagaimana beragam spesies ikan di London Aquarium menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain," tambah James Wright, Displays Curator di SEA LIFE London Aquarium.

Meski secara umum ini terdengar seperti lagu Natal lainnya, tapi ini pertama kalinya ikan tercatat berkomunikasi melalui suara di Inggris.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
December 25, 2019 at 11:25AM
https://ift.tt/2SqeX16

Mengagumkan Ilmuwan Ubah Suara Ikan Menjadi Lagu Natal - Suara.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengagumkan Ilmuwan Ubah Suara Ikan Menjadi Lagu Natal - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.