Search

Pengusaha Ikan Hias Minta Pemerintah Tekan Biaya Pengiriman - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengusaha meminta pemerintah menurunkan tarif transportasi untuk pengiriman ikan hias. Pasalnya, biaya pengiriman, khususnya lewat jalur udara, melejit hingga 100 persen atau dua kali lipat.

Direktur Nusatic merangkap Sekretaris Jenderal Asosiasi Pecinta Koi Indoneisa (APKI) Sugiarto Budiono menyatakan rata-rata biaya pengiriman satu paket ikan hias saat ini bisa mencapai lebih dari Rp1 juta dengan pesawat. Padahal, sebelumnya pengusaha hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp500 ribu atau Rp600 ribu per paket.

"Saat ini ada di atas Rp1 juta lebih. Ini yang dirasakan berat oleh pengusaha ikan hias di Indonesia," terang Sugiarto, Minggu (1/12).


Sugiarto mengaku sudah membicarakan hal ini dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Menurutnya, Luhut sedang berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Kemarin Pak Menteri (Luhut Binsar Panjaitan) mencoba carikan kerja sama atau kebijakan antara Kemenhub dan KKP, apakah bisa dicarikan solusi nilai khusus untuk ikan hias," ucapnya.

Sementara, Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Suparman tak mengelak banyak pengusaha yang mengeluhkan tarif pengiriman ikan hias. Ia menyatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait agar tak ada yang merasa dirugikan.

"Banyak keluhan. Kami koordinasikan lagi bagaimana membantu lebih intensif," pungkas Suparman.

[Gambas:Video CNN] (aud/sfr)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
December 02, 2019 at 04:22AM
https://ift.tt/2Y3tHE4

Pengusaha Ikan Hias Minta Pemerintah Tekan Biaya Pengiriman - CNN Indonesia
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengusaha Ikan Hias Minta Pemerintah Tekan Biaya Pengiriman - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.