Search

8 Jenis Ikan Hias yang Populer Dipelihara, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah - merdeka.com

8 Jenis Ikan Hias yang Populer Dipelihara, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah Ikan Koi. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com - Rumah menjadi tempat pulang setelah lelah bekerja. Selain tanaman hias, ternyata seseorang bisa menenangkan pikiran karena lelah seharian dengan mendengar bunyi air mengalir. Oleh sebab itu banyak rumah didesain dengan menambahkan kolam ikan atau sekadar akuarium.

Memiliki kolam atau akuarium ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mengurangi stres. Saat kita memandang gerakan ikan di akuarium, ternyata memiliki efek yang sama saat kita dihipnotis maupun saat meditasi.

Namun ikan hias memiliki ragam jenis dan cara perawatan. Memelihara ikan hias juga harus disesuaikan dengan kantong kita. Berikut jenis ikan hias yang populer dipelihara dari yang murah hingga yang paling mahal:

1 dari 8 halaman

Ikan Mas Koki

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan mas hias atau Carassius auratus adalah ikan yang paling populer dan banyak dipelihara di akuarium. Ikan mas hias merupakan ikan yang berasal dari air tawar berwarna oranye dan memiliki sirip ekor ganda karena mutasi.

Ikan ini pertama kali berhasil dipelihara di China seribu tahun yang lalu. Ikan ini tipikal ikan yang akan terus makan saat diberi makan dan baru berhenti saat makanan habis.

Jadi disarankan untuk tidak berlebihan dalam memberinya makan karena akan membahayakan kesehatan ikan tersebut. Ikan mas koki sendiri memiliki banyak jenis, harganya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 70.000-an ribu rupiah.

2 dari 8 halaman

Ikan Arwana

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Apabila Anda mendengar nama ini, tentu saja Anda akan mengingat salah satu komedian Indonesia yaitu Tukul Arwana. Ikan Arwana ini atau dengan nama ilmiahScleropages formosusmemiliki banyak nama di kalangan masyarakat. Ada yang menyebutnya siluk merah, ikan naga atau pun ikan khayangan.

Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan hidup di air tawar. Tubuh ikan ini berukuran panjang dan kerap dihubungkan dengan naga di mitologi Tionghoa. Namun sayangnya ikan ini mulai terancam punah karena terlalu banyak diambil dari habitat aslinya.

Ikan arwana yang harganya paling murah adalah jenis arwana silver yang dijual mulai Rp 30.000. Sementara Arwana Platinum menjadi jenis arwana yang paling mahal dengan harga yan bisa mencapai Rp 5,7 miliar.

3 dari 8 halaman

Ikan Koi

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan koi adalah ikan yang biasa digunakan sebagai symbol cinta dan persahabatan. Ikan ini masuk dalam jenis ikan mas (Cyprinus carpio). Ikan koi banyak dirawat di kolam maupun akuarium karena keindahan coraknya. Ikan ini juga biasa disebutatau nishikigoi atau yang berarti bersulam emas.

Rata-rata ikan koi bisa hidup hingga 30 tahun. Karena umurnya yang panjang, di Jepang ikan koi biasa dijadikan teman seumur hidup. Harga ikan koi pun masih terjangkau yaitu kisaran Rp 40.000 hingga Rp 400.000 tergantung umur, ukuran, dan coraknya.

4 dari 8 halaman

Ikan Cupang

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Siapa yang tidak mengenal jenis ikan yang satu ini. Ikan cupang atauBetta sp adalah ikan asli yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Ikan sangat mudah dipelihara karena merupakan salah satu jenis ikan yang kuat bahkan bisa hidup tanpa sirkulasi udara di akuarium.

Ikan cupang ini memiliki banyak jenis dengan banyak warna sirip yang memukau. Harganya pun beragam, yaitu mulai dari Rp 50.000 hingga mencapai Rp 20.000.000 rupiah.

5 dari 8 halaman

Ikan Manfish

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan manfish atauikan angelfish merupakan salah satu ikan hias yang cukup popular dan digemari untuk dipelihara. Ikan yang memiliki nama latin Pterophyllum scalareini berasal dari daerah Amerika Selatan.

Ikan ini merupakan ikan karnivora sehingga tidak sembarangan bisa memberikannya makanan. Ikan ini cukup unik karena kebiasaannya menata telurnya secara berjajar dengan barisan yang rapi.

6 dari 8 halaman

Ikan Louhan

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan Louhan atauAmphilophus trimaculatusmerupakan ikan yang mudah dikenali karena benjolan di kepalanya, yang membuat mereka mendapat julukan benjol kelam. Ikan ini memiliki habitat asli di Thailand dan Malaysia. Ia pun mulai banyak dikembangbiakkan pada tahun 1993.

Menurut mitos ikan ini dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan, sehingga cukup banyak dipelihara. Harga ikan Louhan ini pun beragam tergantung jenisnya. Untuk harganya bervariasi, mulai Rp 200.000 hingga Rp 3.500.000.

7 dari 8 halaman

Ikan Neon Tetra

2020 Merdeka.com/ instagram aquascapeshrimp

Ikan neon tetra atau Paracheirodon innesi adalah ikan yang berasal dari lembah Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini merupakan ikan yang suka berkelompok dan ukurannya badannya cukup kecil.

Keunikan ikan ini terletak pada warna sisiknya yang mengkilap bahkan akan terlihat dalam keadaan gelap. Ikan neon tetra ini memakan nyamuk, jentik, cacing darah atau pun pelet khusus ikan nenon tetra.

Harga ikan ini sangatlah murah yaitu mulai dari Rp 3000 hingga Rp 8000 rupiah per ekornya.

8 dari 8 halaman

Ikan Diskus

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan Diskus atau Symphysodon adalah ikan yang berasal dari keluarga cichlid dan berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini memiliki bentuk yang pipih dengan beragam corak yang indah.

Harga ikan diskus ini bervariasi sesuai dengan corak dan jenisnya, mulai dari Rp30.000 hingga Rp 250.000.

[amd]

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 28, 2020 at 10:45AM
https://ift.tt/32yH7tN

8 Jenis Ikan Hias yang Populer Dipelihara, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah - merdeka.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Jenis Ikan Hias yang Populer Dipelihara, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.