Search

Lestarikan Telaga Mapahan, Bibit Ikan Ditebar dan Pohon Ditanam - Detiknews

Trenggalek -

Kegiatan tanam pohon dan penebaran bibit ikan digelar di Telaga Mapahan di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Telaga ini dipilih karena merupakan salah satu sumber mata air di kawasan Kampak yang telah ada sejak ratusan tahun silam.

"Kami ingin ekosistem di telaga ini terjaga, selain itu kelestarian habitat ikan tawar juga tetap lestari," kata Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, Minggu (23/2/2020).

Calvijn menggelar kegiatan ini bersama ratusan anggota komunitas jeep off road. Setelah menebar bibit ikan, penanaman pohon keras atau berkayu kemudian dilakukan. Calvijn berharap aneka pohon keras itu akan memiliki manfaat besar bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

"Mungkin saat ini masih belum kelihatan manfaatnya, tapi lima atau 10 tahun lagi akan menjadi penyumbang oksigen sekaligus menjaga keberadaan air di telaga ini," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Senden Sumarji mengatakan Telaga Mapahan merupakan sumber air yang memili banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Limpahan air dari telaga itu dulunya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pengairan sawah hingga kepentingan lainnya.

"Dulu di sini juga banyak sekali ikannya, tapi sekarang sepertinya sudah mulai punah, karena ada yang ambil. Makanya sekarang kami tebari lagi" kata Sumarji.

Rencananya kawasan Telaga Mapahan tersebut juga akan disulap sebagai ruang terbuka hijau. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi sekaligus.

"Dengan menjadi ruang terbuka hijau maka tidak hanya sebatas untuk kelestarian lingkungan, taoi juga sebagai sarana edukasi sekaligus rekreasi," ujarnya.

(iwd/iwd)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 23, 2020 at 06:02PM
https://ift.tt/2wFAsSV

Lestarikan Telaga Mapahan, Bibit Ikan Ditebar dan Pohon Ditanam - Detiknews
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lestarikan Telaga Mapahan, Bibit Ikan Ditebar dan Pohon Ditanam - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.