Search

Ternak Ikan Lele Bisa Gagal? Ini Penyebabnya - Okezone

JAKARTA - Usaha budi daya ikan lele bisa dibilang mudah. Pasalnya, usaha ini tidak membutuhkan modal besar dan fasilitas khusus. Lantas, apa penyebab budi daya ikan lele bisa gagal?

Melansir buku 'Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele' karya Endah Nur Fatimah dan Mada Sari, Minggu (22/2/2020), kurangnya informasi serta pengalaman dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan budi daya ikan berkumis ini. Terlalu berorientasi pada keuntungan bisa jadi faktor penyebab gagalnya pembudidayaan ikan lele. Biasanya untuk memperoleh keuntungan seperti yang diharapkan, biaya pengeluaran akan diminimalisir sedemikian rupa sehingga malah berpengaruh pada bobot dan pertumbuhan ikan lele tersebut.

Baca Juga: Siasat Keluar dari Kebangkrutan Usaha, Jangan Panik!

Kualitas pakan dengan harga murah bisa menyebabkan ikan lele kurang nutrisi sehingga rentan terkena penyakit. Kualitas air kolam yang tidak tepat, misalnya kotor berperan 50% pada keberhasilan budi daya ikan lele. Air yang kotor ditandai dengan warnanya yang hijau tua atau cokelat tua. Air seperti ini akan menyebabkan ikan lele rentan terkena penyakit. Suhu kualitas kolam juga harus tepat yaitu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Sedangkan untuk kedalaman kolam, sebaiknya 1 meter dengan volume air sekitar 60 cm hingga 70 cm dan tingkat keasaman kolam pH6,5-9. Kekeliruan dalam penebaran benih juga dapat mengakibatkan kurangnya hasil panen serta lambatnya proses pertumbuhan. Jika penebaran benih dilakukan dalam kolam yang mengandung tanah, maka pembesaran sebaiknya dilanjutkan pada kolam yang mengandung tanah pula.

Baca Juga: Ragu Memulai Bisnis? Simak Tips Ini

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 23, 2020 at 08:24PM
https://ift.tt/2wHwTM3

Ternak Ikan Lele Bisa Gagal? Ini Penyebabnya - Okezone
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ternak Ikan Lele Bisa Gagal? Ini Penyebabnya - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.