Search

Menjanjikannya Usaha Ternak Ikan Lele, Keuntungannya Menggiurkan - Okezone Economy

JAKARTA - Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain lezat jika diolah, ikan lele memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Budi daya ikan lele telah lama dipraktekkan karena mudah sekaligus keuntungan yang menggiurkan.

Melansir buku 'Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele' karya Endah Nur Fatimah dan Mada Sari, Minggu (23/2/2020), masa pemeliharaan ikan lele jauh lebih singkat bila dibanding dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan patin, ikan gurame, dan iklan nila. Sekali panen, pemeliharaan ikan lele hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan tergantung kepadatan penyebaran benih dan ukuran konsumsi.

Baca Juga: Berani Coba Bisnis Kekinian Coffee Corner? Ini 3 Strateginya

Benih ikan lele juga relatif mudah untuk didapatkan, di tengah maraknya usaha budi daya ikan lele. Dari segi harga pun sangat terjangkau. Benih ikan lele biasanya dijual Rp150 hingga Rp300 per ekornya. Harga tergantung pada ukuran benih dan kualitasnya.

Permintaan pasar terhadap ikan lele setiap tahunnya cenderung meningkat. Namun permintaan tinggi ini tak semata-mata membuat ikan lele dihargai tinggi. Ikan lele dari petani lele biasanya dijual dengan kisaran harga Rp12.500 hingga Rp14.000 per kilogramnya.

Baca Juga: Ragu Memulai Bisnis? Simak Tips Ini

Permintaan ikan lele per harinya bisa mencapai 2 hingga 4 ton per hari. Saat ini, bisa dibilang petani atau pengepul ikan lele di Indonesia jumlahnya minim. Hal tersebut menjadi salah satu faktor kurangnya produksi ikan lele. Kondisi ini dapat dilihat sebagai peluang bisnis menjanjikan untuk membuka usaha budi daya ikan lele.

Budi daya ikan lele pun tak butuh beragam fasilitas, lahan yang luas, dan teknologi yang mutakhir. Ikan lele mampu bertahan hidup di berbagai kondisi termasuk perairan yang minim oksigen dan kotor. Usaha ini tidak dibutuhkan modal yang tinggi. Biaya perawatan dan operasionalnya pun bisa dibilang terjangkau.

(dni)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 23, 2020 at 07:21PM
https://ift.tt/2SUYMsJ

Menjanjikannya Usaha Ternak Ikan Lele, Keuntungannya Menggiurkan - Okezone Economy
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menjanjikannya Usaha Ternak Ikan Lele, Keuntungannya Menggiurkan - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.