Search

Pengusaha Keluhkan Tarif Kirim Ikan Hias yang Naik 100 Persen - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kelompok pencinta koi mengeluhkan tarif pengiriman perdagangan ikan hias via udara naik hingga 100 persen pada 2019. Sekretaris Jenderal Asosiasi Pecinta Koi Indonesia atau APKI Sugiarto Budiono menyatakan rata-rata tarif pengiriman ikan hias per boks saat ini mencapai Rp 1 juta.

"Dari Jakarta ke Makassar saat ini sudah lebih dari Rp 1 juta. Sebelumnya, tarif pengiriman cukup Rp 500 ribu hingga 600 ribu," ujar Sugiarto saat ditemui di Indonesia Convention Exhibiton BSD, Tangerang Selatan, Ahad, 1 Desember 2019.

Sugiarto mengakui telah mencoba meminta bantuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan beberapa waktu lalu. Ia berharap pemerintah segera menyusun bauran kebijakan untuk melorotkan harga pengiriman ikan hias di pasar domestik.

Adapun masalah mahalnya tarif transportasi ikan hias ini tengah dirembuk di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berjanji akan mencari jalan keluar dengan berkoordinasi bersama lintas kementerian.

"Kami, pemerintah akan hadir untuk segera melakukan terobosan-terobosan dalam mengurangi hambatan-hambatan yang mengurangi ekonomi biaya tinggi," ujar Edhy.

Dengan turunnya tarif pengiriman, potensi pasar ikan hias dalam negeri digadang-gadang bakal mampu bersaing. Adapun
Indonesia saat ini memiliki potensi ikan hias air tawar dengan jumlah 1.300 spesies. Meski begitu, saat ini baru terdapat 90 spesies atau 7 persen dari keseluruhan potensi ikan hias air tawar yang sudah dibudidayakan.

Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kemenko Kemaritiman dan Investasi Suparman Sirait mengatakan, pada 2020, ekspor perikanan ditargetkan bisa menyumbang US$ 6,1 miliar bagi pendapatan domestik bruto atau PDB. Dari angka tersebut, ekspor ikan hias berkontribusi 6 hingga 10 persen. "Kalau angka target ekspor ikan hias senilai Rp 25-30 miliar," ujarnya.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
December 01, 2019 at 05:51PM
https://ift.tt/33yxB8V

Pengusaha Keluhkan Tarif Kirim Ikan Hias yang Naik 100 Persen - Tempo
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengusaha Keluhkan Tarif Kirim Ikan Hias yang Naik 100 Persen - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.