Search

Catat Moms, 3 Trik Memilih Ikan Segar yang Kaya Nutrisi dari Pakar - Suara.com

Suara.com - Catat Moms, 3 Trik Memilih Ikan Segar yang Kaya Nutrisi dari Pakar

Makan ikan memiliki banyak manfaat. Tinggi protein dan rendah lemak, beberapa jenis ikan juga diketahui mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak.

Sayangnya, manfaat baik ikan bisa hilang karena kesegarannya sudah berkurang atau menggunakan bahan pengawet. Alhasil kandungan nutrisinya juga tidak maksimal.

Lalu bagaimana trik memilih ikan? Kepada Suara.com beberapa waktu lalu dokter spesialis gizi dr. Ririn Dwi Aryani, SpGK membagikan caranya untuk memilih ikan yang segar. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Bagian mata

Mata ikan jadi kondisi terpenting dalam pemilihan ikan, saat mata ikan masih terlihat jernih dan bening maka artinya ikan itu masih segar. Sedangkan saat mata ikan sudah mulai berkabut patut dicurigai tuh.

"Nah, untuk memilih ikan yang baik itu kuta lihat mata ikannya apakah masih segar apa tidak, kalau biasanya buram, itu biasanya ikan sudah lama," ungkap dr. Ririn.

Ilustrasi anak makan ikan. (Shutterstock)
Ilustrasi anak makan ikan. (Shutterstock)

2. Perhatikan insang

Warna merah pada insang itu artinya masih ada aliran darah yang mengalir pada organ pernapasan ikan. Ini juga berarti ikan belum lama mati, yang artinya baru saja diangkat dari air.

"Insangnya masih dalam kondisi merah berarti kualitasnya masih baik, kalau insangnya udah berubah menjadi biru mungkin sudah lama sudah diawetkan," jelasnya.

Ilustrasi ikan segar. (Shutterstock)
Ilustrasi ikan segar. (Shutterstock)

3. Keadaan sisik

Dokter yang berpraktik di RS Kanker Dharmais ini juga mengungkapkan keadaan sisik ikan yang segar ditandai dengan saat diraba sisik masih melekat erat di badan. Sedangkan saat sisik mulai bangun atau kasar itu artinya ikan sudah cukup lama berada di darat.

"Kemudian dari sisi sisiknya, biasanya ikan segar, sisiknya juga masih segar, sementara ikan yang sudah lama, lebih mudah layu," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
October 30, 2019 at 07:05AM
https://ift.tt/2q8GXtZ

Catat Moms, 3 Trik Memilih Ikan Segar yang Kaya Nutrisi dari Pakar - Suara.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Catat Moms, 3 Trik Memilih Ikan Segar yang Kaya Nutrisi dari Pakar - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.